SINKRONISASI DAPODIK SEMESTER 2 TAHUN 2019/2020 PALING LAMBAT 10 MEI 2020, APLIKASI DAPODIK BARU RENCANA DIRILIS JUNI 2020

Dalam laman dapodikdasmen.kemdikbud.go.id disampaikan bahwa Sinkronisasi Dapodik Semester 2 Tahun 2019/2020 Paling Lambat tanggal 10 Mei 2020, Aplikasi Dapodik Baru Untuk Input Data Semester 1 Tahun 2020/2021 Akan Dirilis Juni 2020 . Sementara itu Khusus Sinkronisasi Dapodik sebagai bahan pengajuan DAK Fisik Bidang Pendidikan  Tahun 2021 Paling Lambat 15 April 2020 .

Organisasi & rapikan kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ketika ini sudah mengalami perubahan. Salah satu perubahan yg terjadi adalah bergabungnya Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke dalam Unit Utama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar & Menengah sehingga berubah sebagai Direktorat Jenderal Pendidikan anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Dengan adanya perubahan organisasi dan tata kerja ini maka Aplikasi Dapodik yg dikelola oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah harus melakukan perubahan & penyesuaian sebagai akibatnya dapat digunakan buat pengumpulan data satuan pendidikan PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah pertama, SMA, SMK & SLB.

Dari sisi dukungan Dapodik untuk sistem transaksional Kemendikbud, berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis BOS Reguler disebutkan bahwa penetapan sekolah penerima dana BOS Reguler akan didasarkan pada Dapodik per tanggal 31 Agustus (Cut Off). Dan data pada Dapodik per tanggal 31 Agustus ini akan digunakan untuk penetapan penyaluran dana BOS Reguler tahap III tahun berjalan dan penyaluran dana BOS Reguler tahap I dan tahap II tahun berikutnya.

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah akan menyebarkan Aplikasi Dapodik versi baru buat satuan pendidikan di semua jenjang. Selain dalam aplikasi Dapodik, pengembangan & penyesuaian juga wajib dilakukan dalam Manajemen Dapodik untuk Dinas Pendidikan.

Memperhatikan urgensi tersebut, sinkronisasi menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 akan ditutup pada Minggu, 10 Mei 2020 pukul 23.59 WIB. Pemeliharaan/maintenance server akan diberlakukan sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru dan pembaruan Manajemen Dapodik. Ditargetkan Aplikasi Dapodik versi baru akan dirilis pada awal Juni 2020

Mengingat Dapodik digunakan dalam sistem transaksional program-acara pada Kemendikbud, beberapa hal yang harus menjadi perhatian sang Sekolah adalah menjadi berikut:

·          Sekolah melakukan percepatan pengisian dan pengiriman Dapodik periode pendataan semester 2 tahun ajaran 2019/2020

·          Sekolah menjamin kelengkapan, kebenaran dan kemutakhiran data yang dikirimkan melalui Aplikasi Dapodik.

·          Memeriksa dampak data yang telah diisikan pada aplikasi Dapodik di sejumlah sistem transaksional Kementerian, diantaranya: infogtk (aneka tunjangan guru), data kerusakan prasarana (DAK Fisik), dan sebagainya.

·          Sekolah melakukan pengiriman dan perbaikan data sebelum batas waktu terakhir sinkronisasi (Minggu, 10 Mei 2020 pukul 23.59 WIB).

Dinas Pendidikan & LPMP sinkron menggunakan kewenangannya melaksanakan akselerasi progres pengiriman dapodik dan melakukan pengawasan kualitas data sesuai amanatSurat Edaran Nomor 2242/C/TI/2020 mengenai Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester II Tahun Ajaran 2019/2020.

====================

SINKRONISASI DAPODIK UNTUK AJUAN DAK FISIK BIDANG PENDIDIKAN TAHUN 2021 PALING LAMBAT 15 APRIL 2020

Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan atau dianggap DAK Fisik Bidang Pendidikan merupakan dana yang dialokasikan pada anggaran pendapatan belanja negara pada daerah tertentu menggunakan tujuan buat mendanai kebutuhan sarana & atau prasarana bidang pendidikan. Kemendikbud memakai Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai instrumen pembuktian data pada proses pengajuan DAK Fisik Bidang Pendidikan.

Pengambilan data dari Dapodik/cut-off untuk digunakan pada program DAK Fisik Bidang Pendidikan tahun 2021 akan dilaksanakan pada Tanggal 15 April 2020 pukul 23.59 WIB

Sekolah harus dapat menjamin kelengkapan, kebenaran dan kemutakhiran data yang dikirimkan, khususnya data sekolah, bangunan, kondisi bangunan, prasarana, kondisi prasarana, dan alat. Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya melakukan verifikasi Dapodik sehingga data yang dikirimkan sekolah sesuai dengan kondisi aktual di sekolah.

Demikian informasi Sinkronisasi Dapodik Semester 2 Tahun 2019/2020 Paling Lambat tanggal 10 Mei 2020, Aplikasi Dapodik Baru Untuk Input Data Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 akan dirilis Juni 2020 . Sementara itu Khusus Sinkronisasi Dapodik sebagai bahan pengajuan DAK Fisik Bidang Pendidikan tahun 2021  Paling Lambat 15 April 2020. Semoga bermanfaat, terima kasih.