PERSYARATAN DAN CARA DAFTAR KARTU PRAKERJA

 Persyaratan dan Cara Daftar Kartu Prakerja (Pra Kerja)

Persyaratan d an Cara Daftar Kartu Pra k erja (Pra Kerja).Sahabat blogger ainamulyana.blogspot.com, ada info menarik bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan atau anda yang sudah bekerja tetapi ingin meningkat kompetensi di bidang lainnya. Menurut informasi rencananya pendaftaran kartu Pra Kerja baru dibuka Sabtu 11 April 2020 melalui laman resmi prakerja.go.id.

Apa itu Kartu Pra Kerja? Kartu Prakerja adalah Program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan buat pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yg membutuhkan peningkatan kompetensi. Bagi seseorang yang telah memperoleh kartu pra kerja, sanggup digunakan buat mengikuti pembinaan & bayar menggunakan kartu prakerja baik online juga offline; mendapatkan sertifikat pelatihan yg diakui baik training yg online ataupun offline; serta mendapatkan dana insentif pribadi ke wallet kamu & ditransfer pada tiga termin

Apa saja Persyaratan memperoleh Kartu PraKerjadan bagaimana Cara mend aftar untuk memperoleh Kartu PraKerja .Persyaratan untuk menerima atau sebagai Penerima Kartu Prakerja cukup mudah, yakni 1) Warga Negara Indonesia; 2) Usia minimal 18 tahun; 3) Sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Adapaun metode pelatihan yang diterapkan adalam pelatihan model online (E-Learning)m dan ada juga Pelatihan model Offline (Tatap Muka).

Kartu Prakerja bertujuan buat mengembangkan kompetensi angkatan kerja, menaikkan produktivitas & daya saing angkatan kerja. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya training buat menaikkan kompetensi kerja. Jadi, bukan buat menggaji pengangguran ya!. Kartu Prakerja ini dperuntukkan bagi orang yang sedang mencari pekerjaan. Tetapi, orang yang telah bekerja, karyawan & korban PHK juga boleh mendaftar acara Kartu Prakerja.

Bagai Cara Mendapat Kartu Prakerja .Secara umum berikut ini langkah yang harus dilakukan untuk memperoleh Kartu Prakerja

1). Daftar di Website Kartu Prakerja https://www.Prakerja.Go.Id/ buat penginputan data dan seleksi online.

2)  Memilih Pelatihan yang Disyaratkan Industri. Memilih pelatihan dari layanan SISNAKER dan bayar menggunakan saldo Kartu Prakerja untuk online maupun offline.

3) Mengikuti training secara online maupun offline dan dapatkan sertifikat pembinaan berdasarkan lembaga.

4)  Peserta diminta memberi Ulasan & Rating Terhadap Lembaga Pelatihan. Berikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan melalui SISNAKER setelah melakukan proses pelatihan.

5) Mendapatkan Insentif Setelah Mengikuti Pelatihan. Dapatkan insentif dan akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo wallet Kartu Prakerja kamu.

6) Mengisi Survei Kebekerjaan sebagai Feedback Efektivitas Program. Survei yang ditanyakan dalam 3 tahap dengan insentif pengisian survei sebesar Rp150.000 sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja, dll.

Bagaimana Mendaftarkan diri online untuk mendapatkan Kartu Prakerja .Berikut ini tatacara membuat akun untuk mendaftarkan diri mendapatkan Kartu Prakerja.

  • Buat Akun di laman https://www.prakerja.go.id/
  • Masukkan nama lengkap kami, email dan kata sandi

 Gambar 1: Cara Daftar Kartu Prakerja (Pra Kerja)

  • Klik Daftar.
  • Selanjutnya verifikasi email kamu

 Gambar 2: Cara Daftar Kartu Prakerja (Pra Kerja)

  • Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.
  • Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Bagaimana ya cara Login Akun?

  • Buka lamanwww.prakerja.go.id
  • Klik Login atau Masuk pada Laman Depan

 Gambar 3: Cara Daftar Kartu Prakerja (Pra Kerja)

  • Masukkan email dan kata sandi akun kamu. Klik Login.
  • Berhasil masuk ke akun.

Saya lupa Kata Sandi bagaimana?

  • Klik Masuk atau Login pada situs Kartu Prakerja.
  • Klik Lupa Password?

 Gambar 4: Cara Daftar Kartu Prakerja (Pra Kerja)

Masukkan alamat email kamu yang telah terdaftar, lalu klik Kirim.

 Gambar 5: Cara Daftar Kartu Prakerja (Pra Kerja)

Kamu akan menerima email link verifikasi, klik link tersebut untuk melanjutkan.

 Gambar 6: Cara Daftar Kartu Prakerja (Pra Kerja)

Setelah itu, masukkan kata sandi baru kamu

 Gambar 7: Cara Daftar Kartu Prakerja (Pra Kerja)

Klik Atur Ulang.

Kamu telah berhasil merubah Kata Sandi.

Mengapa saya tidak menerima Kode Verifikasi atau OTP ? Kode Verifikasi atau OTP (One-Time Password) adalah kata sandi dinamis yang terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau email yang tercantum pada akun Kartu Prakerja kamu. Kode ini berfungsi sebagai alat validasi untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan akun. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama beberapa menit. Kamu tidak akan menerima kode OTP apabila nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau sudah tidak aktif. Untuk itu, kamu harus pastikan bahwa nomor telepon maupun email yang terdaftar pada akun kamu sudah sesuai dengan yang digunakan saat ini. Apabila nomor telepon dan email yang kamu gunakan saat ini masih aktif namun kamu tidak menerima kode OTP, silakan hubungi kami di info@prakerja.go.id.

================