PERMENPAN RB NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG MANAJEMEN RISIKO SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK

 Permenpan RB Nomor 5 Tahun 2020

Berdasarkan Permenpan R B Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Pedoman Manajemen Risiko Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, SPBE atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Manajemen Risiko SPBE adalah pendekatan sistematis yang meliputi proses, pengukuran, struktur, dan budaya untuk menentukan tindakan terbaik terkait Risiko SPBE. Sedangkan Risiko SPBE adalah peluang terjadinya suatu peristiwa yang akan mempengaruhi keberhasilan terhadap pencapaian tujuan penerapan SPBE.

Ditegaskan dalam Peraturan Menpan R B Nomor 5 Tahun 2020 bahwa Pedoman Manajemen Risiko SPBE digunakan untuk memberikan panduan kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menyusun dan melaksanakan Manajemen Risiko SPBE. Dalam penyusunan dan pelaksanaan Manajemen Risiko SPBE Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah dapat menyesuaikan karakteristik masing-masing dengan berpedoman pada Permenpan RB Nomor 5 Tahun 2020 ini.

Dalam aplikasi Manajemen Risiko SPBE, pimpinan Instansi Pusat & kepala daerah berkoordinasi & bisa melakukan konsultasi menggunakan Menteri. Naskah lengkap Pedoman Manajemen Risiko SPBE tercantum dalam Lampiran Peraturan Menpan RB Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Pedoman Manajemen Risiko Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Pada Lampiran Permenpan R B Nomor 5 Tahun 2020 , dinyatakan bahwa Ruang lingkup Pedoman Manajemen Risiko SPBE yang menjadi fokus pembahasan mencakup:

1. Kerangka kerja Manajemen Risiko SPBE;

2. Proses Manajemen Risiko SPBE;

tiga. Struktur Manajemen Risiko SPBE; dan

4. Budaya sadar Risiko SPBE.

Adapun Sistematika Pedoman Manajemen Risiko SPBE terdiri berdasarkan 5 (5) bab, yaitu:

? Bab I Pendahuluan memuat latar belakang, maksud & tujuan, manfaat, ruang lingkup, & pengertian umum;

? Bab II Kerangka Kerja Manajemen Risiko SPBE memuat deskripsi komponen-komponen dasar yang menyusun kerangka kerja tadi;

? Bab III Proses Manajemen Risiko SPBE memuat proses komunikasi & konsultasi, penetapan konteks Risiko SPBE, evaluasi Risiko SPBE, penanganan Risiko SPBE, pencatatan & pelaporan, dan pemantauan dan evaluasi;

? Bab IV Struktur Manajemen dan Budaya Sadar Risiko SPBE memuat tugas dan fungsi menurut struktur Manajemen Risiko SPBE dan aplikasi pembangunan budaya sadar Risiko SPBE; dan

? Bab V Penutup memuat kompendium pedoman Manajemen Risiko SPBE.

Link download Salinan dan Lampiran Permenpan R B Nomor 5 Tahun 2020 (disini)

Demikian informasi tentang Permenpan R B Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Pedoman Manajemen Risiko Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.