PERMENPAN RB NOMOR 4 TAHUN 2020 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL PERENCANA

 Permenpan RB Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Jabatan Fungsional Perencana

Permenpan R B Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Jabatan Fungsional Perencana, diterbitkan dengan pertimbangan: a) bahwa untuk pengembangan karier dan peningkatan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang dalam perencanaan pembangunan, serta untuk meningkatkan kinerja organisasi, perlu menyesuaikan pengaturan mengenai Jabatan Fungsional Perencana dan Angka Kreditnya; b) bahwa Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 16/KEP/M.PAN/3/2001 tentang Jabatan Fungsional Perencana dan Angka Kreditnya, sudah tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan hukum sehingga perlu diganti.

Berdasarkan Peraturan Menpan RB Nomor 4 Tahun 2020, Jabatan Fungsional Perencana merupakan jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan kewenangan, buat melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan di Instansi Pusat dan Instansi Daerah. Adapun Pejabat Fungsional Perencana yang selanjutnya diklaim Perencana adalah PNS yang diberi tugas, tanggung jawab, kewenangan, dan hak secara penuh sang Pejabat yang Berwenang buat melakukan tugas teknis perencanaan pembangunan di Instansi Pusat dan Instansi Daerah. Sedangkan Perencanaan mengandung maksud aktivitas-kegiatan pengambilan keputusan berdasarkan sejumlah pilihan tentang sasaran dan cara-cara yang akan dilaksanakan pada masa depan guna mencapai tujuan yang diinginkan, dan pengendalian, pemantauan, & penilaian atas perkembangan hasil pelaksanaannya yang dilakukan secara sistematis & berkesinambungan.

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Jabatan Fungsional Perencana, dinyatakan bahwa Jabatan Fungsional Perencana berkedudukan menjadi pelaksana teknis fungsional perencanaan pada lingkungan Instansi Pemerintah. Jabatan Fungsional Perencana berkedudukan pada bawah & bertanggung jawab secara langsung kepada Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, atau Pejabat Pengawas yg memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan tugas Jabatan Fungsional Perencana. Sedangkan Kedudukan Perencana ditetapkan dalam peta jabatan berdasarkan analisis tugas dan fungsi unit kerja, analisis jabatan, dan analisis beban kerja dilaksanakan sesuai menggunakan ketentuan peraturan perundang-undangan. Jabatan Fungsional Perencana itu sendiri adalah jabatan karier PNS.

Ditegaskan dalam Permenpan R B Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Jabatan Fungsional Perencana, bahwa Jabatan Fungsional Perencana merupakan Jabatan Fungsional kategori keahlian. Jenjang Jabatan Fungsional Perencana, dari jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi, terdiri atas:

a. Perencana Ahli Pertama;

b. Perencana Ahli Muda;

c. Perencana Ahli Madya; dan

d. Perencana Ahli Utama.

Jenjang pangkat buat masing-masing jenjang Jabatan Fungsional Perencana ditetapkan sinkron menggunakan ketentuan peraturan-perundang-undangan tercantum dalam Lampiran III sampai dengan Lampiran V yang merupakan bagian nir terpisahkan dari Peraturan Menpan RB Nomor 4 Tahun 2020 ini.

Adapun Tugas Jabatan Fungsional Perencana dari Permenpan RB No 4/2020 ini adalah menyiapkan, menyelidiki, merumuskan kebijakan & menyusun planning pembangunan dalam instansi pemerintah secara teratur & sistematis, termasuk mengendalikan, memantau, & mengevaluasi aplikasi planning pembangunan.

Selengkapnya silahkan download Peraturan Menpan RB Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Jabatan Fungsional Perencana, melalui link yg tersedia pada bawah ini.

Link download – Unduh Permenpan R B No 4 Tahun 2020 pdf(disini)

Demikian informasi tentang Permenpan R B Nomor 4 Tahun 2020 pdf Tentang Jabatan Fungsional Perencana Semoga ada manfaatnya. Terima kasih.