LOMBA MENULIS ARTIKEL SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA OLEH GURU DAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) oleh Guru dan Kepala Sekolah tahun 2020. diselenggarakan dalam rangka menuangkan hasil praktik baik, meningkatkan kemampuan kepala sekolah dan guru dalam mengelola risiko bencana pada satuan pendidikan, dan meningkatkan kesadaran akan kesiapsiagaan bencana di kalangan warga Satuan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus.

Untuk memberi acuan bagi yang akan mengikuti Lomba Menulis Artikel Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru Dan Kepala Sekolah Tahun 2020, Kementraian telah menerbitkan Pedoman atau Juknis Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru dan Kepala Sekolah tahun 2020 yang digunakan sebagai acuan bagi juri, panitia, dan peserta lomba dalam melaksanakan dan mengikuti Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru dan Kepala Sekolah. Semua pihak yang terlibat dalam lomba ini harus mengikuti rambu-rambu teknis yang tertera pada pedoman penyelenggaraan program satuan pendidikan aman bencana.

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Pengajar & Kepala Sekolah Tahun 2020 merupakan menjadi berikut.

1. Guru SMA, SMK, dan Satuan Pendidikan Khusus (TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SMKLB & SLB) .

2. Kepala Sekolah SMA, Sekolah Menengah Kejuruan, & Satuan Pendidikan Khusus (TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SMKLB dan SLB).

3. Tercatat pada Dapodik Kemendikbud yg dibuktikan menggunakan tangkapan layar (screenshot) dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

4. Memiliki NUPTK.

5. Belum pernah sebagai pemenang lomba menulis artikel pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana tahun 2019.

6. Surat Pernyataan Aktif Mengajar yg ditandatangani Kepala Sekolah bagi Pengajar.

7. Surat Pernyataan Aktif Kepala Sekolah yg ditandatangani Pengawas Sekolah bagi Kepala Sekolah.

Kriteria Naskah Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020

1. Artikel harus memenuhi kriteria pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru, yaitu Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten (APIK).

2. Artikel orisinil/asli atau bukan plagiat dan tidak melanggar UU Hak Cipta serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan pada lomba lain dilampiri surat pernyataan penulis tentang keaslian & belum pernah dipublikasikan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (model terlampir). Batas toleransi kemiripan (turnitin) aporisma 30%.

Tiga. Artikel yang dikirimkan sang pengajar berisi praktik baik pembelajaran mitigasi & kesiapsiagaan bala.

4. Artikel yg dikirimkan oleh kepala sekolah berisi praktik baik pengelolaan risiko bencana satuan pendidikan.

5. Artikel harus mencantumkan identitas penulis, nama, telepon tempat kerja, HP, surel, mata pelajaran yang diampu, alamat tempat kerja dan kota domisili.

6. Jumlah kata terdiri berdasarkan 3.000 s.D lima.000 kata (nir termasuk gambar, tak berbentuk, daftar isi, daftar acum dan lampiran), menggunakan kertas ukuran A4 menggunakan marjin kiri dan atas 4 cm; marjin kanan dan bawah 3 centimeter, alfabet Tahoma, ukuran font 11, dengan spasi 1,15 menggunakan format PDF.

7. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) artikel.

8. Karya guru dilampiri lbr ratifikasi yg ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

9. Karya Kepala Sekolah dilampiri lembar pengesahan yang ditandatangani oleh pengawas sekolah

Mekanisme Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020

 Mekanisme Lomba Menulis Artikel SPAB Tahun 2020

Jadwal Kegiatan Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020

 Jadwal Pendaftaran Lomba Menulis Artikel SPAB Tahun 2020

Ruang Lingkup Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sang Pengajar dan Kepala Sekolah Tahun 2020

1. Muatan Artikel

Muatan materi artikel berisi tentang praktik baik pada: (1) proses pembelajaran mitigasi dan kesiapsiagaan bala; dan (2) pengelolaan risiko bencana satuan pendidikan. Secara teknis, praktik baik pada (1) dan (dua) adalah metode, teknik, atau prosedur yang ditetapkan berdasarkan output penelitian atau pengalaman yg telah dilakukan oleh pengajar & kepala sekolah. Informasi mengenai peraturan, pedoman-panduan, dan modul-modul terkait penyelenggaraan program SPAB dapat diakses melalui tautan http://spab.Kemdikbud.Go.Id.

2. Kriteria Praktik Baik

Praktik baik memenuhi kriteria sebagai berikut.

1. Inovatif

dua. Kreatif

tiga. Relevan

4. Responsif

lima. Efektif

6. Efisien

7. Partisipatori

8. Etis

9. Keberlanjutan

10. Dapat direplikasi

3. Format Penulisan

1. Bagian Awal, terdiri atas laman identitas: judul, nama, sekolah, alamat surel, tak berbentuk (100 ? 150 kata) yg berisi tujuan, metode, dan output.

2. Bagian Isi, terdiri atas beberapa hal berikut.

A. Pendahuluan yang mengungkapkan tentang latar belakang kasus, perumusan kasus, tujuan, dan manfaat.

B. Kajian/Tinjauan Pustaka: teori yg mendasari, laporan praktik baik yg relevan, kerangka pemikiran dan hipotesis/solusi.

C. Pembahasan masalah yg didukung berita, opini ahli yang relevan atau data pengalaman guru & ketua sekolah bersangkutan yg dari menurut satuan pendidikannya, cara penyelesaian perkara yg menguraikan langkah-langkah atau cara-cara pada menuntaskan kasus, termasuk hambatan-hambatan yg wajib diatasi & dituangkan secara rinci.

Tiga. Bagian Penutup berisi simpulan & saran. Simpulan bukan adalah rangkuman, tetapi interpretasi & refleksi penulis. Saran berisi akibat potensial serta tantangan dan kegiatan selanjutnya.

4. Bagian Penunjang

a. Daftar Pustaka

b. Lampiran pada bentuk foto aktivitas & dokumen lainnya

Selengkapnya silahkan dwonload Pedoman atau Juknis Lomba Menulis Artikel Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020—-disini—

Demikian informasi tentang Lomba Menulis Artikel Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.