LATIHAN SOAL US/UAS/USBN IPA SD MI TAHUN 2020 (DAN KUNCI JAWABAN – PEMBAHASAN)

 Soal Latihan dan Pembahasa Soal USBN IPA SD 2018 2019

Latihan Soal Ujian Sekolah US/UAS/USBN IPA SD  MI Tahun 2020 Tahun Pelajaran 2019/2020 (dan Kunci Jawaban – Pembahasan).IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) secara garis besar berarti suatu cabang ilmu sains yang mempelajari fenomena alam melalui observasi dan menganalisis bukti-bukti empiris sehingga mampu menjabarkan, memprediksi dan memahami fenomena alam tersebut. Di dalam ilmu pengetahuan alam kriteria-kriteria seperti validitas, akurasi dan mekanisme sosial untuk menjamin kualitas harus ada di setiap observasi dan analisis bukti empiris. Menurut H.W. Fowler dkk, IPA adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala kebendaan melalui pengamatan dan induksi dan dilakukan secara perumusan dan sistematis.Sedangkan Nokes berpendapat, di dalam buku Science in Education, bahwa pengertian IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalah pengetahuan teoritis yang didapat melalui suatu metode khusus.Ilmu pengetahuan alam dibagi menjadi dua cabang utama yaitu ilmu hayati dan ilmu alam.

Saat ini IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Materi Pelajaran IPA SD antara lain: makhluk hidup dan proses kehidupan, benda dan sifatnya, energi dan perubahannya, bumi dan alam semesta, sifat-sifat cahaya, Konsep kelistrikan dan kemagnetan,  jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari, peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, peran kalor dalam mengubah suhu dan wujud benda dan materi lainnya

Selain sebagai mata pelajaran wajib mata pelajaran IPA di SD  Juga termasuk salah satu mata pelajaran yang di-USBN-kan atau pelaksanaan ujian termasuk kelompok Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sebagai salah satu mata pelajaran wajib, tentunya nilai mata pelajaran ini berpengaruh terhadap kelulusan siswa dari sekolah.

Untuk membantu siswa dalam menghadapi Soal Ujian Sekolah US / USBN IPA SD  MI Tahun 2020berikut ini admin contoh Latihan soal dan pembahasan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2020 (Bukan bocoran Soal USBN IPA SD Tahun 2020) .Semoga dengan mempelajari Latihan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2020yang sudah jelas disusun sesuai kisi-kisi USBN IPA SD tahun 2019/2020 ini akan membantu para siswa SD – MI dalam menghadapi USBN tahun 2019/2020 yang akan datang.

Berikut ini Latihan Soal Ujian Sekolah US / USBN IPA SD  MI Tahun 2020 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Link DownloadLatihan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2020 Tahun Pelajaran 2019/2020 —disini—

Berikut Pembahasan atau Kunci Jawaban Latihan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2020 Tahun Pelajaran 2019/2020

PEMBAHASAN LATIHAN USBN IPA SD – MI TAHUN 2020

1. Jawaban D (Pilihan A salah karena ayam dimakan belalang, Pilihan B salah karena tikus dimakan kelinci, Pilihan C salah karena kucing dimakan ayam)

2. Jawaban  B (Cara adaptasi enceng gondok Akarnya lebat Tangkai daun berongga Batang beruas dimiliki bambu dan tebu)

3. Jawabab A (Hubungan antara tumbuhan paku dan pohon kelapa adalah simbiosis komensalisme, karena tumbuhan paku mendapat tempat hidup sedangkan pohon kelapa tidak mendapatkan keuntungan dan tidak pula dirugikan)

4. Jawaban D (Tumbuhan yang menggulungkan daun untuk mengurangi penguapan contohnya: jagung, tebu, padi. D

5. Jawaban C (Gajah tidak perlu melakukan penyamaran karena merupakan hewan yang kuat)

6. Jawaban  D (Menyemburkan cairan seperti tinta : cumi-cumi, Mengeluarkan zat berbisa : ular, Memutuskan ekornya : cecak, Mengeluarkan bau menyengat : walang sangit)

7.  Jawaban B (Urutan rantai makanan: rumput – belalang – burung – ular. Jika salah satu punah maka urutan rantai makanan di depannya akan meningkat, dan di belakangnya akan menurun.

8.  Jawaban B

9.  Jawaban  D (Ciri pubertas laki-laki: Tumbuh jakun, Dada membidang, Tumbuh kumis, Mimpi basah)

10. Jawaban  A (Fungsi tulang rusuk: Melindungi jantung dan Melindungi paru-paru)

11. Jawaban  A (telur → ulat (larva/nimfa) → kepompong (pupa) → hewan dewasa (imago))

12. Jawaban  D (Bambu → tunas Lumut → spora Apel → biji kunyit → akar tinggal Stroberi → geragih)

13. Jawaban  A (Metamorfosis sempurna: melewati fase kepompong (pupa) dan antara fase larva dan dewasa berbeda jauh. Contoh: kupu-kupu, katak, nyamuk, lalat, tawon, undur-undur, lebah Metamorfosis tidak sempurna: tidak melewati fase kepompong Contoh: belalang, kecoa, capung, tenggoret, jangkrik, rayap)

14. Jawaban  D (Otot merupakan alat gerak aktif sedangkan tulang merupakan alat gerak pasif)

15. Jawaban A

16. Jawaban  C (Konstipasi (sembelit) kondisi sulit buang air besar secara teratur dan tuntas. Muntaber (muntah berak) disertai pusing. Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Diare merupakan buang air besar encer dengan frekuensi yang sering. Tifus adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi)

17. Jawaban B

18. Jawaban D (Mentega dipanaskan: mencair; Balok es pada suhu ruangan: mencair; Bunga es yang terbentuk di freezer: membeku; Kapur barus yang digunakan: menyublim)

19. Jawaban B

20. Jelas C

21. Jawaban  B (Air dipanaskan akan menguap, terkena suhu dingin akan mengembun)

22. Jawaban B (Senter: energi kimia menjadi energi listrik menjadi energi cahaya)

23. Jawaban  B (Melewati kaca = menembus benda bening, membentuk bayangan meja = merambat lurus)

24. Jawaban  C (Sudip terasa panas → konduksi Bagian luar gelas terasa hangat saat diisi air panas → konduksi Badan terasa hangat saat di samping api unggun → radiasi Terjadi angin darat pada malam hari → konveksi)

25. Jawaban  A (Stopwatch: kimia → listrik → cahaya)

26. Jawaban  C Perubahan energi pada gambar yaitu dari listrik menjadi panas C

27. Jawaban A

28. Jawaban  D (Untuk membuat paku menjadi magnet, maka perlu lilitan kawat pada paku yang dialiri arus listrik)

29. Jawaban A

30. Jawaban C

31. Jawaban B

32. Jawaban B

33. Jawaban  B (Tepung kanji = tepung tapioka dibuat dari saripati singkong Tepung maizena dibuat dari saripati jagung)

34. Jawaban C

35. Jawaban B

36. Hasil panen sayur terkontaminasi pestisida Terjadi pencemaran pada lingkungan Hama tanaman menjadi kebal Konsumen tingkat 2 punah

37. 4-9-5-10-1 2-7-6-8-3 10-1-2-7 8-3-4-9

38. Perut terasa mual Lambung terasa perih Perut kembung Ulu hati terasa nyeri

39. Air laut dalam tambak menguap Volume air laut dalam tambak berkurang Suhu air di dalam tambak naik

40. Evaporasi/penguapan: proses penguapan air di permukaan air laut Kondensasi/pengembunan: proses perubahan uap air menjadi titik-titik air Transpirasi: proses penguapan air pada tanaman

Demikian informasi tentang Latihan Soal Ujian Sekolah dan Pembahasan US / USBN IPA SD – MI Tahun 2020 Tahun Pelajaran 2019-2020. Ingat ini hanya soal Latihan, bukan bocoran Soal US / USBN IPA SD Tahun 2020. Semoga bermanfaat dalam membatu persiapan siswa SD/MI dalam menghadapi USBN yang sebentar lagi akan dilaksanakan.