JADWAL PANDUAN DAN PERTANYAAN BDR TVRI 2,3,4,5 JUNI TAHUN 2020 UNTUK TK, SD, SMP DAN SMA SEDERAJAT

 Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI tanggal 2 Juni 2020, 3 Juni 2020, 4 Juni 2020 dan 5 Juni 2020 untuk SD SMP SMA SMK Sederajat

Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI tanggal 2 Juni 2020, 3 Juni 2020, 4 Juni 2020 dan 5 Juni 2020 untuk SD SMP SMA SMK Sederajat. Setelah libur Idul Fitri, para siswa kembali melanjutkan pembelajar walaupun kegiatan masih dilakukan di rumah yang salah satunya melalui Program Belajar dari Rumah atau BDR melalui TVRI.

Bagi kamu yang melakukan Program Belajar berdasarkan Rumah atau BDR melalui TVRI, admin balik akan membicarakan pedoman & pertanyaan terkait Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI buat TK SD SMP SMA Sekolah Menengah Kejuruan Sederajat lepas dua Juni 2020, Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Program Belajar menurut Rumah (BDR) melalui TVRI buat Taman Kanak-kanak SD Sekolah Menengah pertama SMA SMK Sederajat tanggal tiga Juni 2020, Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Program Belajar berdasarkan Rumah (BDR) melalui TVRI buat TK Sekolah Dasar SMP SMA SMK Sederajat lepas 4 Juni 2020 dan Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Program Belajar berdasarkan Rumah (BDR) melalui TVRI untuk Taman Kanak-kanak SD Sekolah Menengah pertama Sekolah Menengah Atas SMK Sederajat lepas lima Juni 2020.

Sebagaimana diketahui Program Belajar berdasarkan Rumah (selanjutnya diklaim BDR) sang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif aktivitas pembelajaran selama anak belajar pada tempat tinggal karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan pada acara BDR meliputi tayangan buat anak usia PAUD & sederajat, SD dan sederajat, Sekolah Menengah pertama & sederajat, Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan & sederajat, & program keluarga & kebudayaan. Pembelajaran pada BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan dalam kompetensi literasi & numerasi. Selain untuk memperkuat kompetensi literasi & numerasi, tujuan lain program BDR merupakan buat membentuk kelekatan & ikatan emosional dalam famili, khususnya antara orang tua/wali menggunakan anak, melalui aktivitas-kegiatan yg menyenangkan dan menumbuhkan karakter positif.

Panduan Untuk Belajar dari Rumah untuk Orang Tua Jenjang PAUD Seperti biasanya meliputi Sebelum tayangan, saat tayangan, dan sesudah tayangan. Sebelum tayangan antara lain orang tua diharapkan: kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua dapat melakukan hal ini:

·          Mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks.

·          Menjelaskan sekilas tentang tayangan mengenai apa yang akan

·          ditonton dan tokoh-tokoh inti seperti Elmo dan Tatan dalam Jalan Sesama.

·          Menyampaikan lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak.

Saat tayangan antara lain orang tua dibutuhkan: beserta anak waktu

melihat tayangan adalah sebagai berikut:

·          Gerak dan Lagu

Orang tua mengajak anak bernyanyi & mengikuti gerakatokoh atau lagu-lagu misalnya yg dicontohkan di tayangan Jalan Sesama.

·          Berdialog dengan Anak

Kembangkan obrolan interaktif dengan anak mengenai topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama. Selain itu, orang tua juga bisa mengajak anak bermain kiprah mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan.

Sesudah tayangan antara lain orang tua diharapkan: mengajak anak melakukan kegiatan alternatif sebagai berikut:

·          Membacakan Buku Cerita ke Anak. Selesai membacakan cerita, orang tua dapat berdialog dengan dengan anak tentang tokoh-tokoh yang ada dalam buku cerita yang dibacakan.

·          Menggambar. Setelah menggambar, tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada bagian atas kertas. Dokumentasikan gambar tersebut.

·          Membuat Kolase atau Mozaik. Untuk kreasi, bisa memilih gambar berbentuk hewan, tumbuhan, atau gambar pemandangan alam.

·          Berkebun. Misalnya menyiram tanaman, menanam tanaman, dll.

Panduan Untuk Belajar dari Rumah untuk Orang Tua Jenjang SDseperti biasanya memuat informasi tentang kompetensi literasi dan kompetensi numerik yang menjadi target pembelajaran. Sebelum tayangan orang tua diharapkan mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

Kompetensi Literasi Pada Program BDR buat Sekolah Dasar Kelas 1-3 tanggal 2 Juni 2020, 3 Juni 2020, 4 Juni 2020 & 5 Juni 2020, meliputi:

1. Pandulah anak memahami instruksi lisan menurut tayangan acara menggunakan cara meminta anak mengulanginya. Orang tua jua perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak mengenai kata-istilah yg belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak buat menciptakan kalimat darikata-kata tersebut.

Dua. Khusus buat instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca pulang instruksi tadi.

3. Pandulah anak buat mengungkapkan pendapatnya menggunakan melakukan diskusi.

4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yg dibentuk anak.

5. Bantu anak supaya mampu mengungkapkan gagasan dengan kalimat yg benar dan runut

6. Orang tua diperlukan bisa mengarahkan anak supaya sanggup mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Apabila memungkinkan, direkam.

7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Kompetensi Numerik Pada Program BDR untuk Sekolah Dasar Kelas 1-3 lepas dua Juni 2020, tiga Juni 2020, 4 Juni 2020 dan 5 Juni 2020, meliputi:

1. Pandulah anak buat menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.

Dua. Dengan menyimak tayangan beserta anak, orang tua diharapkan ikut tahu materi yg disampaikan.

3. Perhatikan apakah anak tahu tugas yg disampaikan pada tayangan.

4. Pandulah anak buat mengerjakan tugas tersebut.

Lima. Berdiskusilah dengan guru bila anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

Kompetensi Literasi Pada Program BDR buat SD Kelas 4-6 tanggal dua Juni 2020, tiga Juni 2020, 4 Juni 2020 dan lima Juni 2020, mencakup:

1. Dampingi anak saat sedang menyimak tayangan, lalu minta anak buat mengkomunikasikan wangsit, gagasan, juga perasaan sendiri, baik lisan juga tertulis, menurut tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yg disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi & pujian.

Dua. Lakukan diskusi menggunakan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau inspirasi yg dirasa belum pas dan beri saat kepada anak buat mengemukaan pendapatnya & memperbaiki tulisannya.Apabila orang tua mengalami kesulitan, mampu diskusi beserta famili dan guru.

Tiga. Mintalah anak buat membacakan output tulisannya. Perhatikan cara duduk, jeda menurut kitab ke mata, posisi perilaku yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua & anak menyimpulkan bacaan.

Kompetensi Numerik Pada Program BDR buat Sekolah Dasar Kelas 4-6 tanggal dua Juni 2020, tiga Juni 2020, 4 Juni 2020 dan 5 Juni 2020, meliputi:

1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga terselesaikan. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yg disampaikan.

2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi buat penyelesaian tugas yg diberikan menggunakan menilik pulang apa yg telah dikerjakan anak.

Tiga. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak buat mencari surat keterangan lainnya berdasarkan kitab . Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan pengajar jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

4. Mintalah anak membacakan output karya yg ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yg dipakai. Berikan penghargaan buat karya yang sudah dibentuk anak.

Selain memuat Jadwal dan Panduan Untuk Belajar dari Rumah untuk Orang Tua Jenjang PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK Sederajat,juga disertakan Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI tanggal 2 Juni 2020, 3 Juni 2020, 4 Juni 2020 dan 5 Juni 2020 untuk SD SMP SMA SMK Sederajat diantaranya sebagai berikut :

Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI buat Sekolah Dasar kelas 1-tiga Selasa, 2 Juni 2020,

1) Selesaikan soal pengurangan berikut adalah menggunakan memakai nilai tempat!

67  = … puluhan + … satuan

24   – … puluhan – … satuan

….   = … puluhan + … satuan

2) Selesaikan pengurangan berikut!

435 = ? Ratusan … Puluhan … Satuan

232  – … ratusan – … puluhan – … satuan

….  = … ratusan + … puluhan + … satuan

tiga) Tentukan output pengurangan berikut ini!

a) 482 – 175 =    …..     b) 324- 265 =………

Pertanyaan Program Belajar berdasarkan Rumah (BDR) melalui TVRI untuk Sekolah Dasar kelas 1-tiga Rabu 3 Juni 2020

1.    Bagaimana pendapatmu tentang sikap Oki dan Felip ketika diminta membantu Nirmala?

2.    Tuliskan 3 kata yang menggambarkan sifat Pipiyot! Lalu, buatlah 3 kalimat dengan menggunakan kata sifat tersebut!

3.    Apa pesan penting yang harus diingat dari cerita Pesta Balon?

Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI buat Sekolah Dasar kelas 1-3 Kamis 4 Juni 2020

1. Buatlah gambar yg memperlihatkan pecahan:

a. 3/5  b. 4/6

dua. Manakah pecahan yang nilainya lebih akbar, 1/tiga atau 2/8? Jelaskan menggunakan donasi gambar!

3. Tentukan pecahan yang senilai menggunakan 2/4

4. Urutkan pecahan  2/3, 3/5, 4/8, 1/6  dari yang terkecil sampai yang terbesar!

Pertanyaan Program Belajar berdasarkan Rumah (BDR) melalui TVRI buat Sekolah Dasar kelas 1 tanggal Jumat lima Juni 2020

1) Apakah kamu sepakat menggunakan ide Nisa buat memakai musik tradisional dalam kegiatan senam? Jelaskan alasanmu!

2) Tuliskan 5 jenis tari tradisional dan daerah asalnya, selain dari yg telah dicontohkan pada tayangan tersebut!

3) Kelompok Nisa berhasil tampil menggunakan baik, tetapi nir berhasil dapat nilai A.

A) Jelaskan mengapa mereka bisa tampil menggunakan baik?

B) Jelaskan jua mengapa mereka tidak dapat nilai A?

Pertanyaan Program Belajar menurut Rumah (BDR) melalui TVRI untuk SD kelas 4-6 hari Selasa tanggal dua Juni 2020

·          Jelaskan manfaat siklus air bagi kehidupan di bumi!

·          Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang berdampak negatif terhadap kelestarian air?

·          Pada eksperimen pembuatan miniatur siklus air, apa yang terjadi ketika es batu diletakkan di atas plastik wadah berisi air?

Pertanyaan Program Belajar menurut Rumah (BDR) melalui TVRI buat Sekolah Dasar kelas 4-6 Rabu lepas tiga Juni 2020,

·          Ceritakan kembali sejarah berdirinya Museum Nasional menggunakan bahasamu sendiri!

·          Di Museum Nasional terdapat patung arca Ganesha. Coba jelaskan makna dari bentuk arca Ganesha tersebut!

·           Sebagai siswa yang hidup di zaman milenial, bagaimana pendapatmu tentang sejarah manusia dari zaman purba seperti dijelaskan dalam tayangan tadi?

Pertanyaan Program Belajar berdasarkan Rumah (BDR) melalui TVRI buat Sekolah Dasar kelas 4-6 Kamis lepas 4 Juni 2020

·          Mengapa setiap cerpen dan novel bisa diadaptasi menjadi naskah drama? Jelaskan alasannya!

·          Bagaimana cara mengubah cerpen atau novel menjadi sebuah naskah drama? Bagaimana cara mengubah cerpen atau novel menjadi sebuah naskah drama?

·          Dalam membuat naskah drama, perlu dipahami 3 unsur penting yaitu penokohan, plot, dan dialog. Buatlah 1 adegan naskah drama yang diadaptasi dari cerpen atau novel dengan menerapkan 3 unsur tersebut!

·          Tuliskan watak setiap tokoh pada drama Kisah Pemulung dan Penjual Bakso!

Pertanyaan Program Belajar menurut Rumah (BDR) melalui TVRI buat Sekolah Dasar kelas 4-6 hari Jumat lepas lima Juni 2020

·          Berikut merupakan data jumlah pasien yang hadir di Puskesmas selama satu minggu: Senin 35 orang; Selasa 20 orang; Rabu 22 orang; Kamis 15 orang; Jumat 35 orang; dan Sabtu 15 orang. Berapa perbandingan jumlah peserta sebelum hari Rabu dan setelah hari Kamis? Buatlah tabel data dan penjelasannya!

·          Berikut merupakan data hasil panen Pak Seto dari bulan Januari sampai Mei: Januari 30 kg; Februari 25 kg; Maret 45 kg; April 50 kg. Jika jumlah keseluruhan hasil panen padi Pak Seto adalah 185 kg, berapa hasil panen padi pada bulan Mei? Buatlah dalam bentuk diagram batang!

·          Berikut merupakan data minat dari 180 siswa terhadap empat ekstrakurikuler di sekolah: Seni Suara 90°; Seni Tari 60°; 35 siswa menyukai Karate; dan sisanya suka Pencak Silat, Seorang siswa mengatakan ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya adalah Seni Suara. Apakah kamu setuju? Jelaskan dan buat diagram lingkarannya!

Pertanyaan Program Belajar menurut Rumah (BDR) melalui TVRI buat SMP hari Selasa tanggal dua Juni 2020

·          Perhatikan gambar berikut!

A) Sebutkan sifat?Sifat dari layang?Layang pada gambar tersebut!

B) Sarif ingin membuat layang-layang misalnya gambar menggunakan panjang AC = 16 centimeter & BO : OD = lima : 2. Ia menginginkan luas layang-layang merupakan 168 cm2. Ia mengungkapkan bahwa dia membutuhkan panjang benang 27 centimeter buat membuat keliling layang-layang tersebut. Benarkah itu? Berikan alasanmu!

·       Sebuah taman berbentuk trapesium seperti pada gambar. Taman tersebut dikelilingi jalan dengan panjang jalan AD = 15 m, BC = 20 m, dan CD = 18 m. Jarak titik D ke E adalah 12 m.

A) Pengelola taman menanam pohon bunga Tabebuya pada sepanjang jalan AB dan diberi nama Jalan Pesona. Berapa panjang Jalan Pesona itu?

B) Tahun lalu, pengelola taman menyelenggarakan lomba lari mengelilingi taman sebanyak lima kali. Ia mengungkapkan bahwa peserta lomba menempuh jeda 480 meter. Benarkah itu? Berikan alasanmu!

C) Seorang pemandu wisata mengatakan bahwa luas taman itu adalah 732 m2. Apakah engkau sepakat dengan pendapat pemandu wisata itu? Berikan alasanmu!

Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI buat Sekolah Menengah pertama hari Rabu lepas tiga Juni 2020

·          Mengapa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi?

·          Mengapa panel surya (solar cell) menjadi bagian penting dalam pembangkit listrik tenaga matahari?

·          Sebutkan tiga hal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghemat penggunaan listrik! Berikan alasanmu!

Pertanyaan Program Belajar berdasarkan Rumah (BDR) melalui TVRI buat SMP hari Kamis tanggal 4 Juni 2020

1. Sebutkan 3 suku berikutnya berdasarkan barisan tiga, 4, 7, 11, 18, …

Dua. Tentukan poly bulat dalam pola ke 20 dari pola berikut:

tiga. Suatu reuni sekolah dihadiri oleh 50 orang. Masing-masing menurut mereka saling bersalaman buat melepas kangen. Ada berapa salam yg terjadi?

4. Tentukan suku ke-30 menurut barisan taraf dua berikut: lima, 12, 21, 32, 45, ?.

Lima, Dalam suatu ruang sidang terdapat 20 baris kursi. Pada baris paling depan terdapat 15 kursi. Setiap baris berikutnya masih ada 6 kursi lebih banyak dari baris pada depannya.

A) Dimas mengungkapkan bahwa baris kursi paling belakang masih ada 129 kursi. Setujukah engkau menggunakan perkataan Dimas? Jelaskan alasanmu!

B) Sinta menyampaikan bahwa ada lebih menurut 1.000 kursi di ruang sidang tersebut. Benarkah itu? Jelaskan pendapatmu!

Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI buat Sekolah Menengah pertama hari Jumat tanggal 5 Juni 2020

·          Dari tayangan tadi, ada kata-kata menarik, “Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan.” Bagaimana kamu memaknai kalimat tersebut berdasarkan kondisi lingkungan di sekitarmu?

·          Ternyata ada cara bertani di lahan gambut tanpa melakukan pembakaran. Berdasarkan tayangan tersebut, bagaimana caramu menyadarkan masyarakat agar menerapkan teknik bertani tanpa melakukan pembakaran lahan tersebut?

Selengkapnya silahkan download Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI tanggal 2 Juni 2020, 3 Juni 2020, 4 Juni 2020 dan 5 Juni 2020 untuk SD SMP SMA SMK Sederajat

Link download

Demikian informasi tentang Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI tanggal 2 Juni 2020, 3 Juni 2020, 4 Juni 2020 dan 5 Juni 2020 untuk SD SMP SMA SMK Sederajat. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.