CARA MENGIKUTI SENSUS PENDUDUK ONLINE TAHUN 2020 SAMPAI 29 MEI 2020

 Bagaimana cara Mengikuti Sensus Penduduk Online Tahun 2020

Cara Mengikuti Sensus Penduduk Online Tahun 2020. Sensus, kadangkala juga disebut cacah jiwa adalah sebuah proses mendapatkan informasi deskriptif tentang anggota sebuah populasi (tidak hanya populasi manusia). Sensus digunakan untuk demokrasi (pemilu), pengumpulan pajak, juga digunakan dalam ilmu ekonomi. Di Indonesia terdapat beberapa macam sensus yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik. di antaranya yang terbesar: Sensus Penduduk, Sensus Pertanian dan Sensus Ekonomi. Sensus Penduduk pada umumnya dilaksanakan pada tahun yang berakhiran “0” atau dalam jangka waktu sepuluh tahun.

Apa dan bagaimana cara Mengikuti Sensus Penduduk Online 2020 serta Contoh Kuesioner Sensus Penduduk Online Tahun 2020. Sensus Penduduk merupakan rangkaian kegiatan pendataan penduduk yang dilakukan dari rumah ke rumah pada seluruh Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing yang tinggal dalam wilayah geografis Indonesia, baik yang bertempat tinggal tetap maupun yang tidak bertempat tinggal tetap. Sensus penduduk merupakan proses keseluruhan  dari  pengumpulan,  pengolahan,  penyajian,  dan  penilaian  data  penduduk yang  menyangkut  ciri-ciri  demografi,  sosial ekonomi  dan  lingkungan  hidup.

Kegiatan Sensus Penduduk pernah dilaksanakan pada masa sebelum Indonesia merdeka oleh Pemerintah Hindia Belanda pada 1930, selanjutnya setelah Indonesia merdeka pada 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010. Sensus tahun 1970 baru dapat dilaksanakan pada tahun 1971 karena kesulitan dana dan persiapan pelaksanaan yang belum sempurna. Sensus tahun 1980 dilakukan dalam 2 tahap yaitu tanggal 20 September – 30 Oktober 1980 dilakukan pencacahan sensus lengkap dan tanggal 6 – 31 Oktober 1980 dilakukan pencacahan sensus sampel.  Sensus tahun 1990 dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu pada bulan September-Oktober. Sedangkan tahun 2000 hanya dilaksanakan sensus lengkap pada tanggal 30 Juni 2000 dan untuk selanjutnya juga dilaksanakan sama pada hari H.

Tahapan sensus di Indonesia sebagai berikut, pemerintah memberi mandat pada  Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan sensus, lalu BPS menyiapkan draft pertanyaan, setelah itu mengadakan pelatihan pada petugas sensus untuk mendapatkan data sensus dengan draft yang dibawa, kemudian membagi wilayah dalam wilayah pencacahan, wilayah pencacahan dibedakan antara wilayah pencacahan pedesaan dan wilayah pencacahan perkotaan, pencacahan  dilaksanakan dengan sistem aktif (mendatangi RT dengan membawa draft pertanyaan sensus) pada hari H. Sensus juga biasanya melaksanakan pencacahan potensi desa (PODES) dan pemetaan desa. Hasil sensus akan diolah oleh BPS dan selanjutnya akan diumumkan hasilnya. Selain itu, juga dilakukan sensus khusus berdasar sampel, misalnya sensus pertanian, sensus industri, survei angkatan kerja nasional, dll

Sensus Penduduk 2010 merupakan sensus keenam dilaksanakan dalam 31 Mei 2010 menggunakan acuan UU No. 16 tahun 1997 mengenai Statistik, Peraturan Pemerintah No. 51 tahun 1999 mengenai Penyelenggaraan Statistik, dan Rekomendasi PBB.

Mengapa pemerintah melakukan Sensus Penduduk? Sensus penduduk menyediakan informasi tentang penduduk dan perumahan di Indonesia. Sensus Penduduk membentuk jumlah penduduk di Indonesia sampai dengan wilayah terkecil, yang digunakan oleh pemerintah buat merencanakan pembangunan. Masyarakat balik bersiap menghadapi sensus penduduk yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini. Berbeda menggunakan tahun sebelumnya, Sensus penduduk tahun 2020 ini akan dilaksanakan menggunakan metode Online dan Non Online. Sensus Penduduk online merupakan pengisian formulir isi data yang dilakukan secara mandiri sang masyarakat tanpa didatangi oleh petugas sensus. Adapun sesus penduduk non-online adalah sensus peduduk yg dilakukan sang poetugas spesifik buat mengadakan wawancara dengan masyarakat.

Sensus Penduduk Wajib Dilakukan. Hal ini tertuang pada Undang- Undang No. 16 Tahun 1997, diantaranya Pasal 27 yang menyatakan bahwa Setiap responden wajib memberikan informasi yang diperlukan pada penyelenggaraan statistik dasar sang Badan dalam hal ini BPS. Tetapi jangan takut lantaran Sensus Penduduk bersifat Rahasia, adalah Informasi yg diberikan sang responden dirahasiakan sang BPS. Hasil sensus tidak akan dirilis dalam bentuk data individu atau tempat tinggal tangga.

Jadi ayo sukseskan Sensus Penduduk tahun 2020, dalah satu menggunakan mengikuti atau mendaftar melalui Sensus Penduduk (SP) Online tahun 2020.

Cara Mengikuti / Daftar Sensus Penduduk Online  Tahun  2020

Mengapa kini ada Sensus Penduduk Online tahun 2020. Berikut penjelasan mengapa kini sudah beralih menurut Sensus Penduduk tradisional ke Sensus Penduduk yang lebih modern keliru satu menggunakaan SP Online.

Sensus Penduduk tahun 2020 dilaksanakan dengan 2 (dua) moda atau metode, yakni  sensus penduduk online (SP Online) dan sensus penduduk dengan cara wawancara. Sensus penduduk online (SP Online) tahun 2020 akan dilaksanakan lebih awal dibandingkan dengan sensus penduduk dengan cara wawancara.

Berdasarkan Jadwal menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Sensus Penduduk Online tahun 2020 akan dilaksanakan dalam tanggal 15 Februari – 29 Mei 2020 sedangkan Sensus Penduduk 2020 menggunakan moda atau metode Wawancara akan dilaksanakan dalam tanggal 1 -31 Juli 2020.

Apabila Anda kedatangan petugas SP2020 di juli 2020 nanti, anda wajib meminta petugas buat menampakan kartu petugas. Kemudian pada kartu petugas akan terdapat QRCODE yang jika pada scan akan menampilkan landing halaman SP2020 yang berisi bukti diri petugas.

Apabila Anda TIDAK ingin kedatangan Petugas Sensus Penduduk 2020 atau Petugas SP2020, Anda bisa mengikuti Sensus Penduduk online (SP Online) 2020. Apabila Anda telah mengisi Sensus Penduduk online, maka Anda TIDAK akan didatangi oleh petugas sensus dalam saat aplikasi Sensus Penduduk dengan cara wawancara pada Bulan Juli 2020.

Sensus Penduduk Online adalah galat satu termin SP2020 dimana penduduk dapat mengisikan informasinya secara berdikari melalui web sensus.Bps.Go.Id. Sensus Penduduk Online dilaksanakan dalam tanggal 15 Februari – 29 Mei 2020. Untuk mengikuti Sensus Penduduk Online, kita wajib menyediakan KTP, KK, & akte pernikahan/perceraian jika memiliki.

Cara mengikuti Sensus Penduduk Online 2020 adalah dengan membuka atau mengakses situs Sensus Penduduk Online (sensus.bps.go.id) kemudian memasukan identitas (seperti NIK dan nomor KK), setelah itu isi formulir yang tersedia.  Situs Sensus Penduduk Online tahun 2020 dapat diakses pada tanggal 15 Februari – 29 Mei 2020.

Link Menuju Situs Sensus Penduduk Online Tahun 2020 —-silahkan disini—-

Demikian fakta mengenai Cara Mengikuti Sensus Penduduk Online 2020 & Contoh Kuesioner Sensus Penduduk Tahun 2020. Semoga berguna, terima kasih.