BEBERAPA TOOLS YANG HARUS DIKETAHUI DAN DIPAHAMI OLEH BLOGGER, AGAR BLOG TERINDEKS DI GOOGLE

 tool yang harus diketahui dan dipahami oleh blogger agar blog terindeks di search engine google

Sekedar berbagi informasi bagi para blogger pemula tentang beberapa tools yang harus diketahui dan dipahami oleh blogger, agar blog terindeks di search enginegoogle. Posting ini untuk menjawab pertanyaan rekan-rekan blogger tentang cara agar posting blog dapat cepat terindeks di halaman pencarian (search engine) google, bing, yahoo, yandex dan lainnya. Agar halaman posting blog terindeks dengan cepat di search engine, yang paling utama tentunya posting itu harus bermanfaat, sedapat mungkin orsinil (kalaupun bersumber dari website orang lain dengan banyak perubahan serta mencantumkan sumber tersebut) dan yang paling utama adalah UNIK (dalam artian isi posting tersebut tidak ada di blog atau website lain). Namun yang terakhir ini sekarang sulit ditemukan, karena kalau ada posting yang UNIK tersebut dan masuk laman utama google sering dicopy paste oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Contoh kasus: hampir setiap hari saya mendapatkan laporan bahwa Kode Google Adsense yang saya miliki terpasang di blog atau website orang lain. Ini menunjukkan bahwa ada orang yang mengcopy paste blog dengan mengcopas HTML sekalipun kita telah menggunakan scrip anti copas.

Memahami Tools agar blog atau website kita cepat terindeks di google, bing dan lainnya memang sangat perlu. Lebih-lebih waktu ini isi (konten) blog menggunakan website besar sudah nir kentara. Contoh kasus dulu untuk mengetahui cara cek isu data pengajar (GTK), kita biasanya menemukan dari blog yg mengusung konten pendidikan. Sekarang website sekelas TRIBUNNEWS juga memposting cek Info Guru (GTK), & lainnya.

Kembali ke judul posting di atas, Apa saja Tools Yang Harus Diketahui dan Dipahami Oleh Blogger, Agar Blog Terindeks Di Google. Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman saya yang tentunya masih jauh dari para master blogger.

1. Cek Google Structured Data atau Alat Pengujian Data Terstruktur – Google

Google Penelusuran bekerja keras buat memahami isi sebuah page. Anda dapat membantu kami menggunakan menaruh petunjuk eksplisit mengenai arti halaman ke Google dengan menyertakan data terstruktur di page itu. Data terstruktur merupakan format terstandar buat memberikan keterangan tentang sebuah halaman & mengelompokkan isinya; contohnya, pada page resep, apa saja bahannya, saat memasak & suhunya, kalori, & seterusnya.

Google memakai data terstruktur yang ditemukan di web buat tahu isi halaman, juga untuk mengumpulkan liputan mengenai web & dunia secara umum. Google Penelusuran juga memakai data terstruktur buat mengaktifkan banyak sekali fitur dan penyempurnaan output penelusuran khusus.

Pastikan buat menguji data terstruktur menggunakan Alat Pengujian Data Terstruktur selama pengembangan, dan laporan status Hasil kaya selesainya penerapan, buat memantau syarat laman Anda yg mungkin rusak setelah penerapan akibat kasus template atau penayangan.

Untuk menguji Structured Data dalam blog Ada, ikuti langkah berikut adalah.

Pertama silahkan kunjungi laman https://search.Google.Com/structured-data/testing-tool

Kedua salinan alamat url blog Ada di kotak yang tersedia, misalnya https://ainamulyana.Blogspot.Com/

Kemudian  klik  RUN TES.

Cek Hasilnya

Kedua, Ulangi cara di atas dengan menguji salah satu url posting blog Anda contohnya https://ainamulyana.Blogspot.Com/2020/03/info-registrasi-&-biaya -kuliah.Html

Kemudian  klik  RUN TES.

Cek Hasilnya

Jika masih ditemukan kesalahan seperti penggunaan breadcrumb, format lepas, & lain segera perbaiki page blog Anda.

Untuk Anda yg masih bermasalah dengan breadcrumb lantaran masih menggunakan data-vocabulary.Org coba ganti menggunakan schema.Org atau mampu juga menggunakan https://www.W3.Org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#, dan cara lainnya silahkan dicari melalui mbah google.

2. Kirim Sitemap Blog Anda ke Google Webmaster Tools

Untuk mengetahui cara mengirim sitemap menggunakan Google Webmaster Toolssilahkan baca posting saya tentang Cara sumbit url di Google Webmaster Tools atauGoogle Search Console (disini)

3. Kirim Sitemap Blog Anda ke Bing Webmaster Tools

Untuk mengetahui cara mengirim sitemap menggunakan Bing Webmaster Toolssilahkan baca posting saya tentang Cara sumbit url di Bing Webmaster Tools atauBing Search Console (disini)

4. Cek Kecepatan pemuatan halaman blog Anda di browser

Menurut google, kecepatan page semenjak ada tahun 2018 sebagai faktor peringkat buat pencarian seluler. Jadi Coba cek kecepatan atau pagespeed page blog Anda di https://developers.Google.Com/speed/pagespeed/insights/ & pelajari rekomendasi yang diberikan.

Demikian beberapa tips dari saya tentang tools yang harus diketahui dan dipahami oleh blogger, agar blog terindeks di google. Semoga ada manfaatnya. Selamat berkreativitas, terus maju. Anda pasti bisa.